Rabu, September 17, 2008

Kontrak Perkuliahan PIP

SILABI PERKULIAHAN
PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN



Diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan:
1. menjelaskan tentang hubungan manusia dan pendidikan
2. menjelaskan tentang pengertian dan istilah-istilah pendidikan;
3. menjelaskan tentang asas-asas pendidikan
4. menjelaskan tentang dasar dan tujuan pendidikan
5. menjelaskan dan memahami tentang kurikulum pendidikan;
6. menjelaskan dan memahami tentang proses belajar mengajar;
7. menjelaskan dan memahami tentang metode-metode pendidikan dan pengajaran;
8. menjelaskan dan memahami tentang konsep dan karakteristik pendidik;
9. menjelaskan dan memahami tentang konsep dan karakteristik peserta didik;
10. menjelaskan dan memahami tentang sarana prasarana
11. menjelaskan dan memahami tentang lingkungan pendidikan;
12. menjelaskan dan memahami tentang pembiayaan pendidikan;
13. menjelaskan dan memahami tentang pengelolaan pendidikan;
14. menjelaskan dan memahami tentang lembaga-lembaga pendidikan;
15. menjelaskan dan memahami tentang konsep evaluasi pendidikan.

Materi perkuliahan ini adalah sebagai berikut:
1. Manusia dan pendidikan
2. Pengertian dan istilah-istilah pendidikan;
3. Asas-asas pendidikan
4. Dasar dan tujuan pendidikan
5. Kurikulum pendidikan;
6. Proses belajar mengajar;
7. Metode-metode pendidikan dan pengajaran;
8. Pendidik dan karakteristiknya;
9. Peserta didik dan karakteristiknya;
10. Sarana prasarana Pendidikan;
11. Lingkungan pendidikan;
12. Pembiayaan pendidikan;
13. Pengelolaan pendidikan;
14. Lembaga-lembaga pendidikan;
15. Evaluasi pendidikan.

5. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan belajar orang dewasa, dengan berdasarkan pada asumsi bahwa peserta didik telah memiliki bekal pengetahuan dasar yang memadai untuk didorong dengan kemampuan dan kreatifitasnya sendiri mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dengan demikian pendekatan pembelajaran berbasis pada perpaduan antara ceramah, diskusi, penugasan, pelaporan, dengan memberikan peran dan peluang yang lebih besar pada mahasiswa.
Berdasarkan pada pendekatan tersedbut, perlu diberlakukan strategi sebagai berikut:
Perkuliahan perdana, dengan metode ceramah dan tanya jawab atau dialog, dipergunakan untuk memberikan orientasi dan kontrak perkuliahan yang hendak dilakukan bersama (dosen dan mahasiswa)
Pertemuan kedua dan seterusnya sampai akhir perkuliahan, metode yang digunakan adalah diskusi (seminar), tanya jawab, dan penugasan.
Setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah, dan mempresentasikannya dalam bentuk power point baik secara individual maupun kolektif untuk didiskusikan pada setiap kali pertemuan;
Dengan demikian, mahasiswa dituntut tidak hanya aktif dalam forum perkuliahan, melainkan juga dibiasakan untuk mempersiapkan diri sedini mungkin mempersiapkan makalah setiap kali pertemuan.

7. Buku Sumber
Buku yang digunakan sebagai landasan teoritis dan sumber perkuliahan adalah sebagai berikut:

1. Brumbaugh, Robert S., et.al., Six Essay on the Foundations of Western Thought, Boston: Houghton Mifflin Company, 1963
2. Brubacher, John S., Modern Philosophies of Education, New York: McGraw-Hill Company Ltd., 1973
3. Buchori, Mochtar, Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1994
4. B. Uno, Hamzah, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumu Aksara, 2006, cet. ke-1
5. Dewey, John, Democracy and Education: an Introduction to the Philosophy of Education, New York: The Mac Millan Company, 1959
6. Driyakara, Driyakara tentang Pendidikan, Yogyakarta: Yayasan Kanisius, 1980
7. Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001
8. Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001, cet. ke-2
9. Imron, Ali, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya, 1996, cet. ke-1
10. Johnson, RA., et.al., Theory and Management of System, Tokyo: McGraw Hill, 1973
11. Kneller, Goerge F., Philosophy and Education, Colombus-Ohio: Charles E. Meril Book Inc., 1967
12. Meng, Ee Ah, Pedagogi III: Sukatan Pelajaran Terbaru Diploma Perguruan Malaysia 2001, Selangor: Fajar Bakti Sdn.Bhd. Darul Ehsan, 2002, edisi ke-2
13. Mochtar Buchori, Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1994
14. Mudyahardjo, Redja, Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001
15. ———————, Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002
16. Mujib, Abdul, et.al., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada Media, 2006, cet. ke-1
17. Nata, Abuddin, Prof., Dr., Filsafat Pendidikan Islam, (Edisi Revisi), (Jakarta: Gaya Media Prtama, 2005), cet. 1
18. _______________, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005)
19. _______________, Pendidikan dalam Perspektif Hadits, (Jakarta: UIN Jakarta Press, 205)
20. _______________, Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006), cet. 1
21. _______________, Manajemen Pendidikan Islam, (Jakarta: Prenada Media, 2003), cet. 3
22. Owen, Robert, Organizational Behavior in Education, London: Allyn Bacon, 1995
23. Palmer, Joy, (ed.,) 50 Pemikir Pendidikan: Dari Piaget sampai Masa Sekarang, Yogyakarta: Jendela, 2003, cet. ke-1
24. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
25. Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2004, cet. ke-1
26. Salisbury, David F. Five, Technologies for Educational Change, New Jersey: Educational Technology Publications Englewood Cliffs, 1996
27. Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, 2006, cet. ke-1
28. Suwarno, Wiji, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2006, cet. ke-1
29. Syafruddin, et.al., Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching, 2005, cet. ke-1
30. Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1999, edisi revisi, cet. ke-4
31. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
32. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen